Senin, 27 September 2010

Proposal PTS Pengawas

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
UPAYA PENINGKATAN KINERJA
GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TAHUN 2010-2011
DI KABUPATEN KUTAI TIMUR


Oleh :
ACHMAD ROSYIDI, S.Pd
NIP. 19590922 198409 1 001

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KUTAI TIMUR
PENGAWAS TK/SD
TAHUN 2010
A.      Latar Belakang Masalah
Guru yang professional harus memiliki 5 kompetensi yang salah satunya adalah penyusunan program yaitu menyusun RPP untuk mempersiapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Akademik Guru, dan Permendiknas Nomor 10 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan.
Dalam realitasnya, sebagian besar guru kesulitan dalam menyusun RPP. Salah satu penyebabnya:
1. Terdapat 30 % guru yang membuat RPP dan sudah menerapkan pada disekolahnya
2. Terdapat 30% guru yang sudah mengikuti pelatihan penyusunan RPP namum belum bisa menerapkan pada sekolahnya;
3. Terdapat 40 % guru yang belum pernah mengikuti pelatihan dalam penyusunan RPP, mereka hanya copy paste pada rekannya.
Kondisi tersebut, tentu saja tidak dapat dibiarkan terus menerus, tetapi harus ada solusi atau tindakan nyata dari kalangan para pengawa pembina. Berkaitan dengan itu, para guru harus dibina dan difasilitasi untuk meningkatkan kemampuannya dalam menyusun RPP.

B. Perumusan Masalah dan Cara Pemecahannya
Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP sesungguhnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui pelatihan, mengikutsertakan guru dalam seminar-seminar dan workshop, menyediakan berbagai panduan dan modul, semiloka, serta berbagai upaya lainnya. Namun dengan mempertimbangkan segala keunggulan dan kelemahannya, maka yang lebih tepat adalah Pelatihan simulasi . Pertimbangannya, dengan simulasi guru lebih proaktive dan membentuk karekter diri dalam upaya untuk menyusun RPP. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, masalah penelitian dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan penelitian: “apakah melalui pelatihan penyusunan pembuatan RPP dapat meningkatkan kinerja guru mapel matematika pada Sekolah Binaan SD  Kabupaten Kutai Timur”?
Rencana Pemecahan :
o Rencana pemecahan masalah ini dilakukan dengan pelatihan simulasi penyusunan RPP pada guru mapel matematika untuk meningkatkan kinerja guru.
o Adapun pengambilan keputusan tersbut dapat merubah paradigma guru didalam menyusun RPP yang sesuai dengan ketercapaian kompetensi dasar yang dituntut di dalam KTSP.

C. Tujuan Penelitian Tindakan
Sejalan dengan permasalahan di atas, maka tujuan utama dalam penyusunan RPP adalah membantu Guru Mapel matematika dalam menyusun RPP sehingga dapat menjadi acuan di dalam proses pembelajaran, sehingga ketuntasan minimal dapat tercapai.



D. Manfaat Penelitian Tindakan
Penelitian tindakan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai kalangan. Pertama, memberikan manfaat yang besar dalam pemecahan masalah guru dalam penyusunan RPP yang. Kedua, Keberadaan guru mapel matematika semakin diakui dan di kalangan para guru. Ketiga, kemampuan pengawas sekolah dapat lebih meningkat untuk melakukan pembinaan kepada guru. Keempat, kemampuan guru maupun kemampuan para siswa di sekolah dipastikan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut meningkat.

E. Kajian Pustaka
Penelitian ini memerlukan referensi yang relevan dengan konsep, prinsip, dan prosedur pelaksanakan penelitian tindakan sekolah, seperti buku-buku dan jurnal tentang topik penelitian pada umumnya yang berkaitan langsung dengan penelitian tindakan. Di samping itu, perlu juga melakukan kajian pustaka tentang RPP, seperti kedudukan, tugas pokok, fungsi, peranan, dan program-program serta kinerja yang dapat dilaksanakan oleh guru. Selanjutnya, perlu pula melakukan kajian terhadap kemungkinan dampak yang dapat diperoleh dari pemberdayaan guru di Sekolah.

F. Metode Penelitian
1. Jenis Tindakan
Penelitian ini dilaksanakan di SD Binaan Kabupaten Kutai Timur, khususnya guru mata pelajaran matemtika. Jumlah guru yang terlibat sebanyak 45 orang guru.
2. Persiapan Tindakan
Pelaksanaan penelitian ini akan didahului dengan melakukan persiapan berupa skenario kegiatan, jadwal waktu dan tempat, narasumber yang diperlukan, sarana pendukung lainnya, seperti sumber belajar, lembar observasi, serta rubrik penilaian proposal dan laporan penelitian sekolah yang dibuat.

3. Pelaksanaan Tindakan
Penelitian tindakan ini akan mengintrodusir pemberdayaan guru mapel matemtika SD pada SD di Kabupaten Kutai Timur dengan langkah-langkah pelaksanaan sebagai berikut:
Seiring dengan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan guru akan dilakukan pengamatan terhadap proses dan progres serta hasil-hasil lainnya. Untuk keperluan ini, peneliti melaksanakan sendiri dengan bantuan alat lembar observasi serta rubrik, yang dipersiapkan sebelumnya.

4. Evaluasi dan Refleksi
Pada akhir kegiatan akan dilakukan evaluasi dalam bentuk forum presentasi proposal dan laporan singkat hasil penelitiannya, dengan meminta bantuan reviewer dari kalangan perguruan tinggi.
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama proses kegiatan pemberdayaan guru serta hasil evaluasi yang dilakukan akan dilanjutkan dengan refleksi, untuk menemukan hal-hal positif dan hal-hal negatif yang masih memerlukan perbaikan.

5. Siklus Tindakan
Penelitian ini akan dikakukan minimal dalam dua siklus. Pada siklus pertama, peneliti akan melaksanakan tindakan seperti yang sudah dipaparkan dalam rencana/persiapan di atas. Pada siklus kedua atau setersusnya akan mengimplementasikan rencana yang sudah direvisi berdasarkan hasil dan temuan pada siklus pertama atau sebelumnya.



DAFTAR PUSTAKA

Basuki Wibawa, 2004. Penelitian Tindakan Kelas (Editor: Suwondo, Imam Sutadji, dan Johan Susanto). Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan adan Pelatihan (TOT) Pengembanngan Profesi bagi Jabatan Funngsional Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai Penataran Guru (BPG) Semarang.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasbolah, K, 1980, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jakarta, Depdikbud LBRD Loan.

2 komentar:

  1. Bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan dalam membuat PTS/PTK silakan kontak kami. Kami siap membantu sampai selesai.
    Dalam menyusun PTK/PTS kami berdasarkan Buku Pedoman Penilaian Karya Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat.

    http://www.mediaptksolo.blogspot.com
    08884198220 / 08882988781

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Sangat membutuhkan nya.
      yaitu : 2 PTS dan 2 PTK
      Tetapi lengkap dengan RPP nya.
      yaitu RPP Pra siklus. Rpp siklus 1 Rpp siklus 2 dan Rpp siklus 3.Pokoknya lengkaplah
      ada?
      Kalau ada ini hp saya:085359028446

      Hapus

berilah komentar yang cerdas

Menuju jalan kesuksesan

Perangkat Pembelajaran Jenjang SD / MI

*Perangkat Pembelajaran Jenjang SD / MI Kelas 1 , 2, 3, 4, 5, & 6 Lengkap ( Recomended)* Tahun Pelajaran 2018 - 2019 ✅ *Aplikasi Raport...