CONTOH
SOAL UKG KEPALA SEKOLAH
(JAWABAN BELUM DI KOREKSI)
1.
Visi
dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
a.
Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
b.
Visi
harus memiliki keunikan
c.
Visi
yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
d.
Perbedaan
merupakan pendorong tercapainya visi
2.
Visi
sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
a.
visi tidak ditafsirkan secara berbeda
b.
tujuan
dapat dicapai dengan mudah
c.
misi
dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
d.
semua
warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
3.
Peraturan
menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi
standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa
sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......
a.
mampu
mencapai standar internasional
b.
mampu
mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
c.
mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
d.
menjadi
sekolah yang terkenal di lingkungannya
4.
Salah
satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
a.
sarana
memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
b.
pijakan untuk menentukan program sekolah
c.
memberi
motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
d.
meningkatkan
kesejahteraan staff dan guru
5.
Setiap
warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan
agar.......
a.
cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu
b.
pencapaian
nilai murni dapat dimaksimalkan
c.
siswa
sukses dalam bidang akademik
d.
status
sekolah mencapai taraf internasional
6.
Sekolah
akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi
setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah
melakukan:...
a.
Setiap
proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber belajar,
b.
Menambah
jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
c.
Diadakan
jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
d.
Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati
mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
7.
Visi
adalah sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta
dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya adalah meningkatkan
kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait
dengan misi tersebut adalah...
a.
Sebagian
guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007
tentang Standar Proses
b.
Guru
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41
Tahun 2007 tentang Standar Proses
c.
Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
d.
Sebagian
guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.
41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
8.
Untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan
pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari
kegiatan tersebut adalah ...
a.
Membuat
surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan
pembelajaran kontekstual,
b.
Menugasi
wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua
mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
c.
Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti
pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan
efisiensinya,
d.
Meningkatkan
kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
9.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses
menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP.
Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan
konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum
melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
a.
Menghimbau
kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut,
b.
Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS
serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
c.
Selalu
mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah
proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
d.
Menugasi
wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
10.
Pada
ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum
tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas
tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah
di atas Kepala Sekolah melakukan…..
a.
Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk
melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
b.
Membiarkan
guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
c.
Menegur
guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam
melakukan penilaian,
d.
Membiarkan
guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum
sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
11.
Bentuk
LHBS untuk setiap mata pelajaran yg sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007
adalah ....
a.
Satu
nilai untuk satu mata pelajaran
b.
Satu
nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
c.
Satu
nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
d.
Satu
nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan
belajar,
12.
Pada
saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa
lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata
pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut
Kepala Sekolah ...
a.
Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil
rapat dewan pendidik,
b.
Menghimbau
pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut
prestise sekolah,
c.
Meluluskan
3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujian
sekolah,
d.
Memerintahkan
guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar
siswa tersebut lulus sekolah.
13.
Kegiatan
pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut
guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran.
Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a.
Mengabulkan
permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
b.
Tidak
mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
c.
Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan
pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
d.
Tidak
mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
14.
Dewan
guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan
pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal
tersebut Kepala Sekolah .....
a.
Tidak
menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
b.
Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan
Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
c.
Menyetujui
tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
d.
Tidak
menyetujui karena akan merugikan siswa.
15.
Untuk
meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan
akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik
di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...
a.
Segera
memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan
secara lisan kepada seluruh siswa
b.
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera
mensosialisasikan kepada seluruh siswa
c.
Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk
segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak
pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
d.
Segera
membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru
mapel
16.
Guna
pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah
tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
a.
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola
pada bidangnya,
b.
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai
bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
c.
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu
kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
d.
Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab
sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai
bidangnya
17.
Dari
hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SMK MAJU akan meningkatkan efektifitas
dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala
SMK MAJU melakukan.......
a.
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan
RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
b.
Membentuk
TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya,
diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat
ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga
sekolah,
c.
Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan
operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan
mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga
sekolah
d.
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional,
diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta
disosialisasikan kepada semua warga sekolah
18.
Agar
penerimaan siswa baru pada SMK WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya
sekolah tersebut ...
a.
Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses
PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat,
sebelum PSB di laksanakan,
b.
Menyusun
dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
c.
Mensosialisasikan
kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika,
sebelum PSB di laksanakan
d.
Menyusun
dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang
merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB dilaksanakan.
19.
SMKN
1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen,
sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat
berkaitan dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui.
Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
a.
Memerintahkan
wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan
mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
b.
Menugaskan
seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan
pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan
pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan
kepada Dinas Pendidikan Kota,
c.
Membentuk TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien,
efektif, dan mudah diakses melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan
dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
d.
Memerintahkan
seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi
yang efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat
secara optimal.
20.
Untuk
meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah.
Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...
a.
RKAS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
b.
KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik,
Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional
Sekolah,
c.
RAPBS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
d.
KTSP,
Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib
Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
21.
Kepala
SMK JUJUR akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah. Yang
dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah ...
a.
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan
sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota,
b.
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulis pelaksanaan kegiatan
sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kota,
c.
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewan pendidik dan non
akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
d.
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah,
Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dalam bentuk laporan tertulis.
22.
Permendiknas
No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan
Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas
sekolah/madrasah. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
a.
Menyusunan program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan
ke seluruh pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
b.
Menyusun
program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil
kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
c.
Melaksanakan
kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
d.
Menyusun
jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya didelegasikan
kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
23.
Pada
kegiatan supervisi klinis oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor
untuk mengamati khusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut
Kepala Sekolah selaku supervisor ...
a.
Memberikan
pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
b.
Menyarankan
bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihat
semua aspek pada kegiatan pembelajaran,
c.
Menyetujui permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi
aspek yang lain juga dilihat sesuai aspek yang ada pada instrumen,
d.
Tidak
menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
24.
Untuk
memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan
lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala
Sekolah ...
a. Mengadakan rapat dewan
pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata
pelajaran,
b. Memberikan surat edaran
kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
c. Mengadakan
rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh
semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang
media,
d.
Mengedarkan
surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan
sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
25.
Kepala
SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan
belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika
Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
a. Mempertahankan jumlah
rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo
masyarakat tinggi,
b. Mengurangi
jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan
jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
c. Mepertahankan jumlah
rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
d.
Mengurangi
jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan
jumlah siswa perrombel 40 siswa
26.
Kepala
sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi
kepribadian, kecuali?
a. tanggung jawab dan
komitmen terhadap tugas.
b. mampu beradaptasi dengan
perkantoran.
c. berkeinginan antuk terus
mengasah keterampilan diri.
d. inovatif,
kreatif mengembangkan sekolah.
27.
Di
awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan
guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya
terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak
kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
a. rnenghentikan kenaikan
uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
b. tetap uang transport
diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
c. pembayaran uang
transport pembayarannya ditunda.
d.
pinjam
uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
28.
Penempatan
Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan
terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
a. mengingat semua guru dan
TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar
cepat selesai.
b. semua dikerjakan dengan
lambat yang penting selesai dan selamat.
c. saya memahami keadaan,
semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
d. menyusun
struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan
bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
29.
Kepala
Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu,
sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah
tidak bersalah?
a. Mempertahankan
tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
b. Mengajukan mutasi agar
terdapat suasana kerja baru.
c. Menantang siapa pun
orangnya yang menekan.
d. Memohon
pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
30.
Sebagai
pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan
tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan
tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
a.
biar
saja, asal tidak mengganggu.
b.
guru
tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
c.
Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan
menyampaikan salam.
d.
mengabsen
guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
31.
Perubahan-perubahan
selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan
kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun
pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
a.
merasa
tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
b.
selalu
menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
c.
melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara
sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
d.
memerintahkan
untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
32.
Pengambilan
keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan,
skill, attitude, style kepemimpinan.......
a. Dalam pengambilan
keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
b. Dengan senang
hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
c. Keputusan didasarkan pada
aturan saja.
d.
Memiliki
sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
33.
Seorang
guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik
habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya.........
a.
Perilaku
guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu
ditantang.
b.
Guru
tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
c.
Biar saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan
dan dijelaskan agar mengerti,
d.
Tidak
perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
34.
Kepala
Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan
dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon....
a.
maaf,
guru tersebut tidak ada.
b.
sepertinya
guru tersebut tidak hadir.
c.
guru tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
d.
guru
tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan
pesan...
35.
Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam
belajar segerombolan siswa mencari
siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah adalah........
a.
Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
b.
Menghubungi
polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
c.
Mernbiarkan
segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
d.
Mernpersilahkan
masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi
siswanya sendiri.
36.
Sekolah
memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan
kriteria........
a. Keuntungan dan kerugian
dari kerjasama
b. Kemampuan
bekerjasama dengan berbagai pihak.
c. Keluwesan bekerjasama
dengan berbagai pihak.
d.
Santun
dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
37.
Untuk
meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan
program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama,
dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........
a. selaku pimpinan penentu
kesuksesan
b. sebagai top leader
terdepan dalam kegiatan
c. melibatkan siswa,
pendidik dan tenaga kependidikan
d. memberikan
motivasi
38.
Sekolah
keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya,
sosial dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai
Kepala Sekolah.......
a. terlibat kegiatan RT-RW
bukan kepentingan sekolah.
b. kegiatan karang taruna
sebagai wadah pemuda desa
c. partisipasi
aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
d.
aktif
dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
39.
Jika
dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram
maka, kecuali......
a. Kepala Sekolah membuka
amal bencana.
b. Kepala Sekolah memiliki
kepekaan sosial tetap memberi sumbangan.
c. Kepala Sekolah membuat
edaran
d. Kepala Sekolah
dengan uang pribadi menyumbang.
40.
Terlibatnya
siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan
banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
a. Pribadi
b. Sosial
c. Manajerial
d.
Akademis
41.
Partisipasi
aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi
kompetensi Kepala Sekolah.........
a. Kepribadian
b. Manajerial
c. Sosial
d.
Sektoral
42.
Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi…....
a. Kepribadian
b. Manajerial
c. Sosial
d.
Moral
43.
Menciptakan
inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat
untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
a. Kepribadian
b. Manajerial
c. Sosial
d. kewirausahaan
44.
Membuka
perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola
kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah
merupakan dimensi kompetensi…....
a. Kepribadian
b. Produktivitas
c. Manajerial
d.
Kewirausahaan
45.
Tantangan
yang dihadapi kepala sekolah makin hari makin komplek, baik ancaman dari luar
dan hambatan dari dalam sekolah, kepala sekolah yang kompeten...
a. pantang Menyerah
dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapinya.
b. pantang mundur dan selalu
meinperhatikan segi keuntungan.
c. maju terus dan selalu
membuat inovasi
d.
yang
penting suasana sekolah kondusif
46.
Sesuai
peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar
Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar
isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
a. lingkup materi ajar dan
tingkat kompetensi
b. jumlah siswa pada tiap
rombongan belajar
c. sarana prasarana yang
harus tersedia di dalam kelas
d. prosedur
kegiatan pembelajaran
47.
Sesuai
dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus
memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
a. Menghargai
setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
b. berkomunikasi dengan
orang tua peserta didik secara santun
c. menguasai bidang yang
diajarkan
d.
memahami
beberapa teori belajar
48.
Howard
Gardner berpendapat bahwa manusia memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang
dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut
ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah...........
a. kecerdasan musikal
b. kecerdasan linguistik
c. kecerdasan intrapersonal
d. kecerdasan
emosional
49.
Menurut
Gardner, siswa yang tidak menonjol dalam kecerdasan matematik mungkin tidak
akan bisa mencapai prestasi luar biasa dalam bidang tersebut, namun.........
a. bila belajar ia akan
sukses dalam bidang tersebut.
b. ia perlu melanjutkan
studi dalam bidang matematika
c. ia harus belajar ilmu
matematika saja agar sukses
d. ia mungkin akan
berhasil dalam bidang lain
50.
Seorang
siswa tampak senantiasa sabar dan pandai memahami permasalahan orang lain.
Menurut Gardner, siswa tersebut memiliki kecerdasan ....... yang menonjol.
a. interpersonal
b. intrapersonal
c. lunguistik
d.
spasial
51.
Unesco
menetapkan 4 hal sebagai pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to
do, learning to live together dan ...........
a. learning to be
b. learning to learn
c. learning to unlearn
d.
learning
to understand others
52.
Contoh
penerapan “learning to live together” dalam pembelajaran ialah penggunaan
pendekatan pembelajaran.......
a. ketrampilan proses
b. kooperatif
c. inquiry
d.
kentekstual
53.
Sesuai
dengan pilar “learning to know”, kita harus melaksanakan hal sebagai berikut.....
a. menjelaskan pelajaran
sejelas-jelasnya
b. menugasi siswa untuk
menghafal seluruh materi yang ada dalam buku
c. membantu siswa
agar mampu belajar secara mandiri
d.
membantu
siswa agar memiliki nilai maksimal dalam ujian
54.
Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah
akan menerapkan pembelajaran
kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan
tersebut adalah ...
a.
Membuat
surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan
pembelajaran kontekstual,
b.
Menugasi
wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua
mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
c.
Sekolah mengadakan IHT tentang pembelajaran kontekstual dan
ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat
efektifitas dan efisiensinya,
d.
Meningkatkan
kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
55.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses
menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP.
Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan
konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum
melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
a.
Menghimbau
kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut,
b.
Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS
serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
c.
Selalu
mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah
proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
d.
Menugasi
wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
56.
Pada
ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum
tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas
tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah
di atas Kepala Sekolah melakukan…..
a.
Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk
melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
b.
Membiarkan
guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
c.
Menegur
guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam
melakukan penilaian,
d.
Membiarkan
guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum
sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
57.
Salah
satu fungsi komite sekolah ialah sebagai controller. Salah satu kegiatan komite
yang sesuai dengan fungsi ini ialah..........................
a. mengontrol
keterlaksanaan program sekolah
b. mengontrol kegiatan
pembelajaran di kelas
c. mengontrol kehadiran
siswa
d. mengontrol kehadiran guru
58.
Sekolah
berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Maksudnya ialah agar siswa
...........
a. mampu hidup bahagia
sesuai dengan potensi yang dimiliki
b. memiliki
ketrampilan vokasional
c. memiliki keunggulan
akademik
d.
mampu
mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
59.
Kita
dapat menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer
yaitu.......
a. antivir
b. acrobat reader
c. yahoo/google
d.
photoshop
60.
Program
Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan Melalui.....
a.
program
wajib belajar 9 tahun
b.
pemanfaatan
media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
c.
akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan
d.
maksimalisasi
penggunaan sarana komputer di dalam kelas
61.
Kita
dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
a. folder
b. mail list
c. yahoo massanger
d. attachment
62.
Microsoft
Power Point dapat membantu kita dalam melakukan.......
a. penyimpanan data
b. pembukuan
c. presentasi
d.
entry
data
63.
Berikut
ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
a. untuk menemukan teori
yang baru
b. untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
c. untuk melakukan
eksperimen
d.
untuk
membuktikan kebenaran teori yang ada
64.
Dalam
PTK terdapat 4 tahapan, yaitu ....... PERENC, PELAKSANAAN, PENGAMATAN, REFLESI
a. perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi
b. perencanaan, observasi,
tindakan dan refleksi
c. perencanaan, refleksi,
tindakan dan observasi
d.
perencanaan,
refleksi, observasi dan tindakan
65.
Judul
yang benar dari PTK ialah.......
a.
Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa
secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang.
b.
Pengaruh
Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
c.
Korelasi
antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami di
SMK 1 Malang.
d.
Penggunaan
Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
66.
“Dapatkah pajangan bahasa secara alami
meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?”
Pernyataan
di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......
a. hepotesis tindakan
b. tujuan penelitian
c. rumusan masalah
d.
judul
penelitian
67.
“Orang yang pintar ialah orang yang mampu
menjelaskan apa saja yang ia ketahui. Orang yang bijaksana ialah orang yang
mampu memberikan motivasi sehingga anda mampu menemukan sesuatu yang baru.”
(Revan, 1980) Pelajaran yang dapat diambil dari kata-kata bijak di atas ialah
bahwa......
a.
guru
harus senantiasa menjelaskan materi pelajaran sejelas mungkin
b.
guru
sebaiknya harus membuat suasana kelas tenang
c.
guru
harus memberikan pelayanan prima dengan menuntun siswa untuk mampu menjawab
soal-soal ujian
d.
guru harus menciptakan suasana yang kondusif agar siswa mampu
belajar mandiri
68.
“Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun
karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro.) Sikap yang TIDAK sesaui dengan
kata-kata bijak di atas ialah...........
a. kita harus bisa menjadi
contoh yang baik
b. apapun yang kita lakukan
harus membuat guru/staff/siswa termotivasi
c. berdayakan
guru/staf/siswa dengan mengikuti dan mengarahkan kemauan mereka
d. arahkan
guru/staf/siswa sesuai dengan apa saja yang kita anggap benar
69.
Berikut
ini yang TIDAK termasuk fungsi kepala sekolah ialah.......
a. Manajer
b. Edukator
c. Motivator
d. Eksekutor
70.
Michael
Fullan (2003) menyatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki keberanian
dan kemampuan untuk membangun kultur berdasarkan hubungan saling percaya antara
warga sekolah. Tindakan yang TIDAK sesuai dengan pendapat ini ialah.......
a.
Membagi
tugas berdasarkan kompetensi staff
b.
Membuat
keputusan berdasarkan kondisi nyata dan aturan yang berlaku
c.
Melaksanakan sendiri semua kegiatan agar kinerja berjalan secara
efektif dan efisien
d.
Mencari
terobosan yang dapat dilakukan agar kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi
71.
Sergiovanni
(2006) menyatakan bahwa seorang pemimpin harus bisa membedakan antara normative
rationality dan technical rationality, yakni: dalam membuat keputusan kita
harus berdasarkan norma yang berlaku sekaligus memperhatikan efektifitas dan efesiensi.
Bila terjadi permasalahan tentang kedua hal tersebut maka kita harus .........
A.
Mengutamakan yang kedua.
B.
Meninggalkan kedua-duanya
C.
Mengutamakan yang pertama
D.
Mementingkan yang efektif untuk dilakukan
72.
Dalam
manajemen peningkatan mutu sekolah kita kenal dengan
istilah benchmarking. Istilah tersebut terkait dengan ......
a.
Kegiatan
pengambilan keputusan berdasarkan norma
b.
Penetapan
standard tertentu baik perorangan maupun lembaga sebagai dasar peningkatan
mutu.
c.
Pemberian
identitas suatu benda yang diperlukan untuk peningkatan mutu
d.
Upaya peningkatan mutu dengan mengevaluasi manajemen lembaga secara keseluruhan
73.
Dalam
upayanya untuk meningkatkan mutu sekolah, kepala sekolah “X” mengajak seluruh
komponen sekolah untuk bekerjasama dengan pihak-pihak terkait termasuk orang
tua dan tenaga profesional untuk melakukan evaluasi kinerja sekolah. Kegiatan tersebut
dikenal dengan istilah........
a. Quality control
b.
Quality
assurance
c.
Total
quality management
d.
School
review
74.
Dalam
melakukan suatu kegiatan sekolah-sekolah difasilitasi dengan prosedur operasional
standar dengan tujuan agar..........
a. Kegiatan bisa
diseragamkan
b. Kegiatan dapat dilakukan
secara efisien
c. Kegiatan dapat dilakukan
dengan mudah
d. Terdapat
jaminan mutu kinerja yang standar
75.
Dalam
Permendiknas no 13 tahun 2007 diamanatkan bahwa kepala sekolah harus memiliki
kompetensi kewirausahaan. Berikut ini yg terkait dgn kompetensi kewirausahaan
untuk kepala sekolah ialah.........
a. Menciptakan
inovasi untuk pengembangan sekolah
b. Mampu melakukan kunjungan
kelas secara berkala
c. Mampu bekerjasama dengan
pihak lain
d.
Mampu
membuat program tahunan dengan benar
76.
Salah
satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui
pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih
besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi
warga sekolah dan masyarakat.
Berikut ini yang TIDAK termasuk
indikator tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
a.
semakin
meningkatnya perhatian masyarakat terhadap sekolah
b. meningkatnya inovasi
kepala sekolah untuk mengembangkan lembaga
c. berkurangya
ketergantungan sekolah pada pemerintah
d. meningkatnya
jumlah siswa pada masing-masing rombongan belajar
77.
Dalam
rangka optimalisasi partisipasi warga sekolah dan
masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah boleh ........
a. Memungut uang sekolah
sebesar-besarnya
b. Mendorong
masyarakat untuk memberikan saran/kritik terhadap sekolah melalui jalur yang
benar.
c. Memprioritaskan warga
sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
d.
Mewajibkan
warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan sekolah
78.
SWOT
ialah merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang
artinya ialah........
a. Kekuatan, kelemahan,
permasalahan dan ancaman
b. Kekuatan, kelemahan,
permasalahan dan solusi
c. Kekuatan, kelemahan,
peluang dan kondisi
d. Kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman
79.
Analisis
SWOT bertujuan untuk.........
a. Menentukan
kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
b. Menentukan besarnya biaya
yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu
c. Menghindari kelemahan dan
ancaman agar sasaran dapat dicapai
d.
Menunjukkan
kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran
80.
KTSP
SMK NEGERI telah ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan tingkat Provinsi.
Sekolah tersebut berkehendak menyempurnakan KTSP-nya, karena isi KTSP tersebut
dipandang masih sangat kurang. Untuk memecahkan masalah tersebut Kepala Sekolah
sebagai penanggungjawab KTSP melakukan:...
a.
Memerintahkan
wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada,
b.
Membentuk TIM monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melakukan kegiatan
sehingga diperoleh informasi tentang kekurangan yang ada dan digunakan sebagai
bahan revisi KTSP pada tahun berikutnya,
c.
Menugaskan
kepada TIM penyusun KTSP untuk segera merombak KTSP sesuai kekurangan yang ada,
sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna,
d.
Menugaskan
kepada TIM penyusun KTSP untuk melakukan evaluasi dokumen KTSP dan segera
dibenahi kekurangan yang ada.
81.
Sekolah
akan memberikan pelayanan kepada siswa, sehingga setiap siswa dapat
mengembangkan dan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat, serta dapat mengembangkan prestasinya. Untuk
menyikapi hal tersebut di atas yang dapat dilakukan oleh sekolah adalah ...
a. Melaksanakan
kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah,
sehingga bakat siswa dapat berkembang secara optimal,
b. Membentuk kelas unggulan,
sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal dengan pelayanan khusus
yang telah dirancang,
c. Menambah mata pelajaran
muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehingga semua siswa yang
mengikuti mata pelajaran tersebut dapat memiliki keterampilan khusus,
d.
Menambah
jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan bakat anak dapat
diberikan secara optimal.
82.
Sebagai
kepala sekolah kita harus senantiasa mengembangkan diri. Hal ini dapat dilakukan
dengan......
a. Memiliki gelar akademik
yang setinggi-tingginya
b. Menggunakan sebagian
besar waktu kita untuk melakukan penelitian
c. Senantiasa
belajar hal-hal terkait dengan tugas pada saat yang tepat
d.
Berusaha
tampil terbaik dalam segala bidang
83.
Salah
satu ciri khas kepala sekolah yang berkepribadian bagus ialah.......
a. Mau menerima
saran dari staff, orang tua atau masyarakat
b. Senantiasa mengumumkan
semua informasi terkait dengan lembaga
c. Berusaha tidak melibatkan
orang lain dalam membuat keputusan
d.
Bersama-sama
dengan seluruh warga sekolah untuk mengelola keuangan
84.
Berikut
ini adalah cara yang tepat dilakukan oleh kepala sekolah yang berkepribadian
bagus dalam membangun disiplin siswa........
a.
Senantiasa
mengawasi gerak gerik setiap warga sekolah agar tidak terjerumus melakukan hal
yang tidak diinginkan
b.
Selalu
bertindak tegas serta memberi hukuman pelanggar aturan secara terbuka
c.
Senantiasa disiplin baik dalam melaksanakan tugas di sekolah maupun kegiatan
lain di luar sekolah
d.
Selalu
mengingatkan siapapun yang melakukan hal yang tidak sesuai dengan dirinya
85.
Berikut
ini yang tidak termasuk sifat kepala sekolah yang baik ialah......
a. Memiliki kecerdasan emosi
yang tinggi
b. Ulet dalam melaksanakan
tugas
c. Tidak gampang marah dalam
menghadapi masalah
d. Tegas dan siap
melakukan evaluasi terhadaf staff secara terbuka
86.
Berikut
ini yang BUKAN ciri khas sekolah yang menerapkan MPMBS ialah.......
a.
Adanya
otonomi sekolah yang lebih luas
b. Menetapkan kebijakan
lokal
c.
Mengambil
keputusan partisipatif
d.
Memberikan
akuntabilitas publik
87.
Berdasarkan
Permendiknas no 13 tahun 2007, kepala sekolah
harus memiliki kompetensi sosial. Berikut ini yang Bukan indikator kompetensi
sosial kepala sekolah ialah.......
a. Bekerjasama dengan pihak
lain untuk mengembangkan sekolah
b. Berpartisipasi dalam
kegiatan kemasyarakatan
c. Peka terhadap
permasalahan warga sekolah
d. Berpartisipasi
aktif dalam semua kegiatan ilmiah
88.
Hal
yang boleh dilakukan oleh kepala sekolah berdasarkan Permendiknas no 13 tahun
2007 ialah sebagai berikut.......
a. Melaksanakan
kerjasama dengan lembaga lain sebagai upaya peningkatan kompetensi guru.
b. Membuka Income Generating
Unit dengan prioritas utama peningkatan kesejahteraan staff
c. Mencari terobosan sumber
dana melalui kegiatan apapun yang menguntungkan lembaga
d. Menjual aset sekolah yang
belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan lembaga
89.
Terhadap
siswa yang datang terlambat, langkah pertama yang kita lakukan ialah.........
a. melarangnya memasuki
sekolah
b. memberinya sanksi agar
jera atas perbuatannya
c. meminta
penjelasan mengapa ia terlambat
d.
menyuruhnya
masuk kelas dan segera mengikuti pelajaran
90.
Setiap
warga sekolah bisa memberikan pembelajaran budi pekerti. Salah satu hal yang
dapat dilakukan ialah dengan......
a. berperilaku
sopan dengan siapapun
b. bertindak keras bagi
setiap tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik
c. tak bosan-bosan memberi
komentar setiap tindakan siswa
d.
senantiasa
mengawasi gerak-gerik siswa selama di dalam kelas
91.
CTL
merupakan singkatan dari........
a. cooperative teaching and
learning
b. contextual teaching for
learners
c. contextual
teaching and learning
d.
coordinated
teaching and learning
92.
Berikut
ini yang merupakan salah satu ciri khas CTL ialah........
a. materi pelajaran
dijelaskan langsung secara tuntas
b. materi pelajaran terkait
dengan standar internasional
c. materi
pelajaran terkait dengan kebutuhan siswa
d.
materi
pelajaran bersifat informasi yang jelas dan pasti
93.
Cara
menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah
adalah dengan cara ....
a. memberikan
reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
b. peningkatan kualitas
kehidupan beragama
c. memiliki target mutu yang
tinggi
d.
melakukan
rapat evaluasi
94.
Agar
orang tua dan guru saling-mengenal merupakan
....
a.
salah
satu bentuk hubungan antara masyarakat dengan sekolah
b.
tujuan dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orangtua
murid/masyarakat dengan pihak sekolah
c.
cara
mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
d.
teknik
dalam melakukan hubungan kerjasama sekolah dengan masyarakat
95.
Partisipasi
sekolah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ....
a. pembentukan karakter anak
didik
b. mencari nilai tambah bagi
masyarakat
c. menumbuhkan
kepekaan sosial sekolah terhadap masyarakat.
d.
mencari
bantuan sekolah dari masyarakat.
96.
Berikut
adalah tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ....
a.
mengoptimalkan
usia pakai peralatan
b.
pemeliharaan
yang baik memberikan hasil pekerjaan yang baik
c.
menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara
rutin dan teratur
d.
menjamin
kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga
diperoleh hasil yang optimal
97.
Perabot
merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai
fungsi sebagai berikut, kecuali ...:
a.
fungsi
pendidikan
b. fungsi
konstruktif
c.
fungsi
administrasi
d.
fungsi
penunjang
98.
Tujuan
dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa
adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. sebagai sumber
pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya
operasional pendidikan lainnya
b. sarana praktik produksi
secara langsung bagi siswa
c. wahana pelatihan berbasis
produksi/jasa bagi siswa
d.
wahana
untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
99.
Berikut
ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan rencana unit produksi
dan jasa sekolah, kecuali ....
a. memilih lokasi usaha
b. membaca peluang bisnis
c. mempersiapkan
rencana organisasi
d.
meneliti
pelaku pasar di masa terkini
100.Administrasi keuangan
sekolah, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, dan administrasi humas
merupakan kegiatan tenaga administrasi sekolah yang berkaitan dengan kompetensi
ketenagaan administrasi sekolah terutama kompetensi ....
a. sosial
b. teknis
c. manajerial
d.
kepribadian
101.Di bawah ini adalah
usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan
tenaga administrasi sekolah, kecuali ....
a.
melakukan PHK terhadap tenaga administrasi sekolah
b.
memberikan
reward bagi tenaga administrasi sekolah yang berprestasi
c.
memberi
kesempatan tenaga administrasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang
lebih tinggi
d.
mengirim
tenaga administrasi untuk mengikuti diklat-diklat yang berkaitan dengan bidang
pekerjaannya
102.Penerapan prinsip-prinsip
manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ....
a. meningkatkan
akuntabilitas keuangan sekolah
b. meningkatkan transparansi
keuangan sekolah
c. meminimalkan
penyalahgunaan anggaran sekolah
d.
meminimalkan
efisiensi penggunaan keuangan sekolah
103.Dalam Peraturan Daerah
disebutkan bahwa sekolah tidak boleh memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda
selaku kepala sekolah di antaranya ....
a.
menghapus
kegiatan-kegiatan yang tidak mendapatkan dana dari BOS/pemerintah
b.
membuka usaha sekolah yang dapat menghasilkan sumber keuangan sekolah
c.
mengajukan
sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
d.
melakukan
koordinasi dengan komite sekolah agar komite sekolah mendapatkan dana dari
orang tua siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
berilah komentar yang cerdas